Rabu, 01 Februari 2012

manfaat lidah buaya untuk kesehatan,kecantikan,dan juga sebagai bahan makanan




HALAMAN PENGESAHAN



KARYA TULIS ILAMIAH



DENGAN JUDUL                                         : MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK KESEHATAN, KECANTIKAN, DANJUGA SEBAGAI BAHAN MAKANAN
DISAHKAN OLEH GURU PEMBIMBING          :  rosliana. spd
PADA HARI                                                  :          
TANGGAL                                                    :
BULAN                                                          :
TAHUN                                                          :





                                                                                    Dsasahkan Oleh
                                                            Kota Lhokseumawe ,                                 2011



                                                                             ( _________________ )                                                                                        








KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن
Puji dan syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan ramat dan hidayahNya kepada saya,sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dengan judul “manfaat lidah buaya untuk kesehatan, kecantikan, danjuga sebagai bahan makanan ”
Saya menyadari bahwa karya tulis ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyah terdapat kekurangan . Oleh karena itu saya mengharapkan adanya kritik dan saran yang sifatnya membangun dari para pembaca sekalian .
Semoga dengan penyusunan karya ilmiah ini dapat membawa manfaat bagi penulis khususnya dan para pembaca pada umumnya . terima kasih atas bantuan teman – teman sekalian yang telah meberikan masukan berupa artikel – artikel untuk menyelesaikan karya ini .

     Wassalam.



                                                                Lhokseumawe , 23 februari 2011
                                                  Penulis


                                     SAMSUL BAHRI
                                   







BAB  I
PENDAHULUAN


I.1  Latar belakang

Tanaman lidah buaya (Aloevera) merupakan tanaman berduri yang biasaya tumbuh di daerah kering,seperti Afrika, Asia,dan Amerika, hal inidisebabkan tumbuhan tersebut bisa menutup stomata (mulut) daun hingga rapat pada musim kemarau untuk menghindari kehilangan air dari tubuhnya, dan lidah buaya juga bisa hidup didaerah beriklim dingin.
Bangsa mesir kuno telah mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 sm.dan di karenakan manfaatnya yang luar biasa bangsa mesir kuno menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian .
Tanaman lidah buaya memiliki sekitar 200 jenis keragamannya, diantara 200 jenis tersebut yasng paling baik digunakan untuk kesehatan adalah dari jenis(Aloevera barbadensis miller)lidah buaya jenis ini mengandung -72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh.
Diantara zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh yang terdapat pada Aloevera jenis barbadensis miller ini adalah:18 macam Asam amino, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, enzim, hormon ,dan zat golongan obat antaralain:anti biotic,antiseptic, anti bakteri , antikanker , antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperandangan, anti pembengkakan, antiparkinson, antieterosclerosis, serta antivirus yang resitem terhadap antibiotik.
Keunggulan kompratif  dari tanaman lidah buaya antara lain, perawatannya yang relatif mudah, dikarenakan dalam perawatannya tidak memerlukan perawatan yang insentif, dan produksinya juga relatif tahan lama dibandingkan produk hortikultura lainnya, dan juga gangguan hama/penyakit yang relatif kecil, disamping itu juga tanaman lidah buaya sangat berguna untuk manusia, baik digunakan untuk berbagai bahan kesehatan, kecantikan, dan juga kemanfaatannya sebagai sumber-sumber bahan makanan alternatif.



Oleh karenaitu,  menarik untuk dilakukan suatu penelitian tentang “pemanfaatan lidah buaya (aloevera) sebangai bahan penting untuk sarana kecantikan, kesehatan, dan juga sebagai bahan penunjang pembuatan makanan-makanan alternatif, oleh karena itu kita harus membudidayakan tanaman lidah buaya (aloevera) ini karena kemanfaatannya yang luar biasa.

1.2 Rumusan masalah

2.Bagaimanakah kegunaan lidah buaya (aloevera) untuk kesehatan?
3Apakah peranan tanaman lidah buaya untuk kecantikan?
4Apakah lidah buaya bisa digunakan untuk berbagai bahan makanan?

1.3  Tujuan penulisan

1. Agar kita dapat mengetahui asal-usul lidah buaya dan kemanfaatannya.
2..Agar kita mengetahui dan memahami manfaat lidah buaya yang keberadaannya             sering tidak digubris oleh kebanyakan orang .
3.memberikan pengetahuan mengenai tanaman lidah buaya khususnya dalam           pemanfaatannya

1.4  Manfaat penelitian

1.supaya kita tahu apa saja khasiat dan manfaat dari senyawa-senyawa yang terkandung dalam lidah buaya
2.supaya kita dapat mengetahui jenis penyakit apasaja yang dapat disembuhkan dengan lidah buaya
3.penggunaannya pun tidak hanya untuk kesehatan, kecantikan /kosmetik semata,tapi juga sebagai bahan makanan








                                                                        BAB 11
                                                                PENBAHASAN

                   Lidahbuaya (aloe vera )merupakan tanaman berduri yang biasanya tumbuh di daerah kering, seperti:Afrika ,Asia dan Amerika.hal ini di sebabkan tumbuhan tersebut bisa menutup stomata (mulut) daun hingga rapat pada musim kemarau untuk menghindari kehilangan air dari daunnya.lidah buaya juga bisa tumbuh di daerah beriklim- dingin,m.kelemahannya ,jika tanamannya berada di daerah basah dengan curah hujan tinggi,mudah terkena cendawan/penyakit.    Batang tanaman lidah buaya berserat atau berkayu, pada umunya sangatlah pendek dan hampir tidak terlihat karena tertutup oleh daun yang rapat dan sebagian terbenam di dalam tanah. Daun lidah buaya berbentuk tombak  dengan helaian memanjang, berdagingtebal, tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan, dan memiliki lapisan lilin di permukaannya, daun lidahbuaya bersifat sekulen,yaitu mengandung air, getah, dan lendir.                                                                                                                  Bunga lidah buaya berbentuk terompet sepanjang 2-3 cm,berwarna kuning dan tersusun berjuntai melingkari ujung tangkai yang menjulang keatas.lidah buaya berakar serabut.lidah buaya mengandung dua jenis cairan,yaitu cairan bening seperti jelly dan cairan berwarna kekuningan yang mengandung aloin, jelly lidah buaya bisa di peroleh dengan membelah batangnya.                                                                                                Jelly mengandung zat anti bakteri dan anti jamu. Di dalam jelly juga terkandung salisilat, sehingga bisa meredam sakit dan anti bengkak.sedangkan cairan berwarna kekuningan yang mengandung aloein berasal dari lateks yang terdapat di bagian luar kulit.cairan inibisa digunakan sebagai obat pencahar.

Cairan lidah buaya juga memiliki keasaman (pH)seperti kulit manusia.hal ini bisa menghindari terjadinya elergi kulit bagi pemakainya. adanya senyawa lignin dan poli sakarida yang memberi kemanpuan untuk menembus kulit secara baik, sekaligus sebagai media pembawa zat-zat nutrisi yang di perlukan kulit, dan memiliki asam amino yang bermanfaat dalam regenerasi sel kulit. Selain itu juga menurut seorang pengamat makanan kesehatan (suplemen). Dr.preddy wilmana MFPM, SPFK.dari sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya, yang baik digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis miller.
Lidah buaya jenis ini mengandung 72 zat yang dibutukkan oleh tubuh. Diantara ke-72 zat yang dbutuhkan oleh tubuh yang terdapat pada Aloevera jenis Barbadensis miller ini adalah : 18 macam asam amino karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, emzim, hormon, dan zat golongan obat antara lain, anti biotik, anti septik, antibakteri, anti anker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, anti pembengkakan, antiparkinson, antiateros klerosis, serta antivirus yang resistem terhadap anti biotik.mengingat kandungannya yang lengkap itu lidah buaya menurut Dr.freddy bukan cuma berguna untuk menjaga kesehatan, tapi juga mengatasi berbagai penyakit. Dan beberapa unsur mineral yang terkandung dalam lidah buaya ada yang berfungsi sebagai pembentuk anti oksidan alami, misalnya :vit.c,vit.E,dan zinc.
Bahkan hasil penelitian yang dilakukan ilmuan asal amerika menyebutkan bahwa dalam Aloe vera Barbadensis miller terdapat beberapa zat yang berfungsi sebagai anti oksidan  yang fungsinya  mencegah penuaan dini,serangan jantung dan beberapa penyakit degeneratif.lidah buaya juga bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menumbus dan meresap kedalam kulit.lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit.hasilnya, kulit tidak cepat kering, terlihat cerah dan awet muda.
Selain itu lidah buaya berkhasiat sebagai antiinflamasi, antijamur, antibakteri,  dan membantu proses regenerasi sel.di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita(diabetes), mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker dan juga terhadap seerangan penyakit HIV/AIDS. salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antro kuinon yang mengak tivasi jenjang sinyal insulin seperti penyerap insulin beta substraf dan meningkatkan laju sistensis gilkogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3 beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.
Sejauh ini, menurut Dr.freddy penelitian belum menemukan efek samping penggunaan lidah buaya,jika ada masalah,itu hanya berupa alergi bagi mereka yang belum pernah mengosumsi lidah buaya.yang perlu di ingat, menurut Dr.freddy,sifat tanaman lidah buaya hampir mirip dengan buah apel bila habis digigit lansung berwarna cokelat.hal itu bisa menjadi tanda lidah buaya telah teroksidasi, sehingga beberapa zat yang di kandungnya rusak.

1.2 bagaimanakah khasiat/kegunaan lidah buaya untuk kesehatan
Lidah buaya (aloe vera )adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit, di dalam lidah buaya juga mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap antaralain :vitamin A,B1,B2,B3,CE,dan kandungan choline, inositol, dan folic acid, sedangkan kandungan mineralnya antaralain, kalsium, magnesium, potassium, sodium, iron, zinc, dan chromium, enzim yang terkandung dalam lidah buaya antaralain, amylase, catalase, cellulose, carboxy peptidase,  carbox helolase, dan brendy kinase. selain itu lidah buaya mengandung asam amino yaitu:argentine, asparagin, asparatic acid, analine, serine, valine, glutamat, theronine, glycine, lycine, yrozine, praline, histidine, levcine, dan isoliucine.

a.  Zat-zat dari lidah buaya yang berguna untuk kesehatan yaitu:
1.zat antioksidan yang terdapat dalam lidah buaya:berguna untuk mencegah penuaan                                                                                dini, serangan jantung dan beberapa penyakit degeneratif
2.cairan salisilat :berguna untuk merendam rasa sakit dan anti bengkak
3.cairan Aloin: bisa digunakan sebagai obat pencahar
4.senyawa antra kuinon dan asam amino : bermanfaat dalam regenerasi sel kulit
5.senyawa lignin dan polisakarida : sebagai media pambawa zat-zat nutrisi yang diperlukan kulit

b.     Diantara Ramuan dari lidah buaya untuk menyembuhkan penyakit adalah :

1.Radang tenggorokan
Cara meramu :1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas,isinya dipotong-potong atau        di blender,tanbahkan 1 sendok makan madu murni.minum tiga kali sehari.
2.Ambeien
Cara meramu :setengah(1/2) batang daun lidah buaya dibuang durinya,dicuci, lalu diparut, beri setengah(1/2) gelas air panas, kemudian diperas. Tambahkan 2 sendok makan madu .dalam keadaan hangat, minum 3 kali sehari.

3.sembelit
Cara meramu: setengah(1/2)batang daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong kecil-kecil.seduh dengan setengah gelas air.beri 1 sendok makan madu dimakan hangat-hangat 2 kali sehari

4.Diabetes militus
Cara meramu :2 batang daun lidah buaya,dicuci, dibuang durinya,dipotong-potong.rebus dengan 3 gelas air, Lalu saring.minum 3 kali sehari sesudahmakan,masing-masing setengah gelas.

5.Penurunan kadar gula darah
Cara Meramu : 1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan)dibersikan dengan mengupas kulitdan durinya.rendam sekiter 30 menit dalam air garam.remas sebentar lalu bilas dengan air bersih setelah iturebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan.minum sebanyak ½  gelas, dua sampai tiga kali sehari.

6.Penyubur rambut
Cara meramu : 2 pelepah lidah buaya dicuci lalu dikupas.isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari.bungkus dengan kain.ke esokan harinya rambut dibilas.lakukan selama 3 bulan

7.Batuk (yang membandel)
Cara meramu :20 gram daun lidah buaya  dicuci ,dikupas, dipotong-potong,.beri 2 sendok makan madu murni.minum 3 kali sehari

1.3 bagaimana kah peranan lidah buaya untuk kecantikan

1.  Masker dari lidah buaya
Cara membuat ::
  • 1sendok makan masker lumpur
  • 1jus lidah buaya
  • 1 sendok makan tepung hazel
  • air secukupnya untuk membuat bahan-bahan ini jadi pasta
  • tambahkan 1 tetes essential tea tree oil
  • 1 tetes essential oil lavender
  • 1 tetes essential oil peppermint campurkan semua bahan, oleskan dan didiamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hangat lalu percikkan air dingin. Jika  ingin cara alami perawatan kulit dengan lidah buaya untuk kulit berminyak atau mengatasi kulit bernoda, campurkan jus lidah biaya dengan air ditambah essential oil yang menenangkan dan gunakan untuk mist sepanjang hari.
2.minuman anti jerawat

Berikut tahap-tahap dalam membuat minuman anti jerawat dari Lidah Buaya.
Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu daun lidah buaya yang telah dibersihkan (daunnya tebal, berwarna hijau tua, bagian tepi daun berduri lunak dan pucat ), jeruk nipis, garam dapur, dan gula pasir. Pilih daun yang cukup umur dan tebal.
Kedua, kupas kulit daun hijaunya sehingga daging buahnya kelihatan lalu potong-potong kecil berbentuk dadu. Selanjutnya hilangkan lendirnya dengan membilasnya memakai air bersih.
Ketiga, masukkan potongan-potongan dadu daging lidah buaya ke dalam air mendidih lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian rendamkan ke dalam satu liter air masak dan tambahkan satu sendok makan perasan jeruk nipis.
Keempat, bilas potongan daging daun lidah buaya tadi dengan air masak, lalu tambahkan larutan gula sesuai selera kemudian simpan selama 2-3 jam di dalam kulkas. Minuman lidah buaya siap untuk dinikmati, lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan dingin.2 kali sehari.ulangi selama 10 hari













1.4    manfaat lidah buaya sebagai bahan penunjang
Makanan dan minuman  alternatif

Bagi anda yang menginginkan kulit halus, segar, dan sehat dapat memanfaatkan Aloe Vera atau yang kerap kita kenal dengan sebutan lidah buaya. Bahkan manfaat ini dapat dikombinasi dengan manfaat lain yang didapat dari teh hijau yang mengandung antioksidan."Antioksidan itu bermanfaat mengurangi risiko sakit jantung, kanker, dan memperlancar pencernaan," Kombinasi green tea dan Aloe Vera ini juga bisa membantu mengatasi stres. "Stres yang biasanya timbul karena jauhnya jarak antara harapan dan kenyataan bisa berimbas pada fisik. Orang bisa kena masalah jantung, otot, perut atau lambung, psikologis sehingga penampilan tubuh kurang maksimal. Namun, jangan lupa mengonsumsi kedua bahan yang bisa didapat dari satu minuman ini tak menjamin Anda akan sehat bila tak diimbangi pola hidup yang teratur,lidah  buaya yang memang tidak hanya bagus untuk kecantikan, baik untuk Rambut ataupun untuk wajah. Tetapi lidah buaya juga enak untuk dikonsumsi yang memang tidak hanya menghilangkan dahaga tetapi juga baik untuk kesehatan jika benar cara pengolahannya.




2. Cara pembuatan jus dari daging lidah buaya.
Bahan:
-Daun lidah buaya (Aloe vera)
-Jeruk nipis atau asam sitrat
-Garam dapur
-Gula pasir
Cara membuat :
1. Ambil daun lidah buaya segar.
2. Pilih daun yang cukup umur dan tebal. Daun cukup umur berwarna hijau tua, bagian tepi daun berduri lunak dan pucat.
3. Cuci bersih daun lidah buaya, kupas kulit daun hijaunya sehingga nampak daging daun lidah buaya yang bening.
4. Potong daging daun lidah buaya menjadi ukuran kubus, sesuai selera
5. Cuci dengan air hingga lendirnya hilang, kemudian dibilas dengan air bersih.
6. Didihkan air, masukkan potongan daging lidah buaya, diamkan selama 10 menit (matikan api kompor agar daging lidah buaya tidak lembek).
7. Rendam daging lidah buaya dalam larutan asam yang terbuat dari satu liter air matang, kemudian tambahkan satu sendok makan perasan jeruk nipis atau 1/4 sendok teh asam sitrat
8. Bilas potongan daging daun lidah buaya dengan air matang, tambahkan larutan gula sesuai selera, siap disajikan,“selamat mencoba”!




3.  Cara pembuatan Es Lidah Buaya:
1. Siapkan Lidah buaya yang sudah besar – besar
2.
Kupas semua kulit luarnya.
3. Potong kecil – kecil atau sesuai selera
4.
Masukkan kedalan air dan dicuci hingga 3 kali, sampai bersih.
5. Siapkan panci untuk memasak air, biarkan air hingga mendidih dan beri gula sesuai selera
6. Setelah gula larut dalam air masukkan lidah buaya yang sudah dicuci tadi.
7. Masak sekitar 15 menit, bila mau Bisa ditambahkan Rosella Basah untuk pewarna dan perasa asam ( kira-kira dimasak 5 menit saja rosellanya ), angkat dan masukkan kedalam lemari es.”selamat mencobanya”
4. Kombinasi kelapa muda dengan lidah buaya
100 gram nangka matang, potong dadu
200 gram manisan lidah buaya
100 ml susu kental manis
100 ml sirup cocopandan
Es batu secukupnya
Cara membuat :
Siapkan gelas saji. Masukkan kelapa muda, kolang-kaling, biji delima, avokad, nangka, manisan lidah buayaTuang sirup cocopandan dan susu kental manis. Tamba.



5. cara membuat kerupuk dari lidah buaya.
  
Untukmembuatnya memang perlu ketekunan dan kejelian agar didapatkan resep yang pas. Secara garis besar langkah –langkah membuatnya adalah daging atau gel lidah buaya diambil, lalu sisihkan getahnya, kemudian diblender hingga halus. Selanjutnya blenderan daging lidah buaya itu dicampur dengan tepung tapioka menjadi tepung setengah kering. Campur adonan tersebut dengan telur dan susu. Adonan itu kemudian dikukus sampai matang, lalu potong-potong sesuai selera. Setelah itu keringkan untuk menghilangkan kandungan air, dengan dijemur diterik matahari antara 3 – 4 jam lamanya, baru kemudian dikemas. Jika proses pembuatannya benar, kerupuk lidah buaya ini bisa awet sampai satu tahun. Peluang pasar kerupuk lidah buaya cukup besar, karena produk ini masih jarang dipasaran.



6. Selai dari daun lidah buaya
Selai Lidah buaya adalah bahan berupa pasta yang berkadar gula tinggi dan dibuat dari bubur daging lidah buaya. Pembuatan bahan ini tidak sulit, dan biayanya tidak mahal. Berikut ini adalah cara sederhana mengolah lidah buaya menjadi selai:
Bahan-bahan
  1. 1 kg daging lidah buaya.
  2. 500 gram Gula Pasir.
  3. 0,1 % asam askorbat atau 1 gram perliter air atau asam sitrat 0,2 % atau 2 gram per liter.
  4. 0,5 % natrium benzoat atau 5 gram per kg daging lidah buaya.
  5. 3 gram agar-agar bubuk atau ½ bungkus.

Cara Membuat

  1. Lidah buaya yang sudah bersih direndam di dalam larutan asam askorbat selama 15 menit, lalu ditiriskan dan dihancurkan menggunakan blender.
  2. Hasil hancuran ini dipanaskan sesaat, kemudian ditambahkan gula pasir, asam sitrat, dan agar-agar.
  3. Dipanaskan hingga mendidih sambil diaduk, lalu ditambahkan bahan pengawet benzoat.
  4. Jika telah terbentuk gel, pemanasan dihentikan dan busa yang ada di permukaan selai dibuang.
  5. Selai siap dikemas dalam botol.”selamat mencobanya

                                                           
BAB 11
PENUTUP



Kesimpulan

1.Tanaman lidah buaya sudah dikenal manfaatnya sejak dulu,tapi kebanyakan orang tidak mengetahui khasiat lidah buaya
2.Ternyata sangat banyak khasiat tanaman lidah buaya(aloe vera) ,mulai dari daun, bunga, getah/lendir,dan batangnya yang mengandung senyawa-senyawa untuk menyembuhkan penyakit.
3.ternyata zat-zat yang terkandung dalam lidah buaya sangat berguna untuk kecantikan, kesehatan, dan makanan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar